Masih hangat, lebaran belum lama berlalu. Mudik masih menjadi perjalanan sakral bagi mayoritas penduduk Indonesia. Terlebih penduduk Pulau Jawa. Apalagi Jakarta. Betul lah apa kata meme yang bertebaran: Bikin Jakarta Gak Macet, Gak Perlu Gubernur. Perlunya Lebaran!
Hahaha, bener aja loh, klo jalanan Jakarta itu kayak CFD setiap hari diseluruh jalur. Terserah mau guling-gulingan, kayang koprol, atau split sampe kram paha!
Me? Mudik dooong!!!
Nah makanya mau review soal perjalanan kereta kemarin. Gambir - Madiun by KA. Bangunkarta. Dear orang KAI, dont hate me ya. Ini catatan perjalanan dengan menggunakan si ular besi. Kindda excited, karena udah nyaris lama banget gak pake kereta api untuk perjalanan jauh. Terakhir perjalanan jauh cuma sampe Jogja. Sekarang lebih jauh lagi..Jawa Timur! Wohoooo ^^
Mudik menggunakan armada apapun pastinya butuh perjuangan. Yap, I am talking about the shit happen in Brexit. Turut prihatin buat yang kejebak macet disaat itu. Bapak mertua pun kejebak 36 jam. Bekasi- Boyolali bisa terasa paaaanjaaang dan laaamaa. Semoga tahun depan pemerintah ada solusi supaya kejadian ini tidak terulang lagi. Gak cukup hanya meminta maaf dan berharap kelar perkara - tapi tahun depan masih macet bukan kepalang.
Pakai kereta jarak jauh pun perjuangannya sudah dimulai dari 3 bulan yang lalu. Sekitar 2-3 tahun yang lalu yang namanya mengantri tiket sampai menginap jadi pemandangan yang biasa malah jadi kebiasaan. Kalau di luar negeri mengantri sampai nginep ya didepan toko gadget. Hahahha beda tipis ya jadinya. Tahun ini?
Beda tipis juga. Tapi calon penumpang mengantri didepan gadget nya masing-masing. Gue? 1 laptop, 4 handphone ON menjelang tengah malam, oh ya plus laptop atau smartphone ketiga temen yang gue kerahin buat hunting tiket. Gak ada calo, tapi Ticket Hunter bermunculan.
Entah berapa juta orang yang bersiap untuk menyerbu web KAI dan rekanannya demi beberapa lembar tiket. Untungnya "gebuk-gebukannya" via maya. Gak ngebayang kalo jutaan orang beneran tempur buat bisa dapetin tiket kereta. Waks!
Thumbs Up buat KAI yang membuat sistem online. Totally Online! Meskipun ternyata memang hari H diberlakukan pembelian offline di loket tiket. Dapet cerita dari sesama penumpang yang baru beli hari H keberangkatan. Gambir - Cirebon dengan harga yang lebih murah. Hahahha udah gak bisa kesel juga denger cerita begitu. Yang penting cusss berangkat!
Sistem online yang diberlakukan sebenernya sangat mudah. Seriously, gak boong! Tapi ya gitu, pesen tiket tapi deg-degannya sama kayak naik Roller Coaster, atau nunggu jawaban calon Bapak Mertua! Gue yang kudu nyariin lima tiket dengan pemberangkatan yang berbeda dan beli tiket pulangnya, berjuang sedemikian rupa. Okeh, gue lebay. Tapi beneran perjuangannya gak nyangka bisa seketat ini. Hanya dalam hitungan 5 menit, tiket tujuan Gambir - Madiun Sold Out!! Padahal baru kelar ngerjain tiket buat nyokap Bandung - Madiun, lima menit kemudian Sold Out!! Udah ngerahin tiga orang pun tetep Sold Out!
Cuma bisa mengelus dada sambil nonjok bantal pake ulekan! Bah telat lima menit dari pukul 00.00 udah gak dapet seat KA.Bangunkarta. Dari ratusan kursi di tanggal 5 Juli gak dapet dalam hitungan menit. Ini rebutan tiket apa rebutan gorengan sik?!
Yosh!! Begadang lagi besok tengah malem! Sport Jantung lagi besok tengah malem! Yup, TENGAH MALEM! #masihemosik
Tapi luar biasa yah semangat silahturahmi warga Indonesia. Semangat guyub gini yang bikin Indonesia masih bisa survive dari gempuran paham individualisme kekinian. Sampe dibela-belain begadang tengah malam, well, I am not all alone ternyata..hehehhe
Ada jutaan pasang mata yang tetiba menghitam gara-gara rebutan tiket..hahahah again, I am not all alone.
Oh ya, kerennya lagi, fasilitas pembayarannya semua ada. Gue adalah penganut paham anti kartu kredit. Yup, gue orangnya super boros. Jadi kartu kredit adalah Big No dalam hidup gue. Thank God, bisa bayar transfer via atm. Yap, abis sport jantung nguber tiket masih ada ronde kedua: Tengah malam ke atm terdekat. Begal woy begal! Bah tambah lagi kalo kali-kali ada yang lewat tanpa kepala. Maaak!
Another minus point nya, atm sempat error. Coba di tiga atm untuk pembayaran tiket error. Gue pake atm BCA. Untuk transaksi lainnya gak ada masalah. Well, susah juga sih kalau mau protes karena kemungkinan jutaan penumpang lainnya sedang melakukan transaksi, ribuan orang menggunakan bank yang sama, dan ratusan orang transaksi untuk pembayaran tiket dengan jurusan yang sama juga dengan gue. Hanya berharap semoga tahun ke depan error-error bisa zero. Yang error biarlah akal manusia yang habis patah hati #halah
Karena sedikit error dan kemungkinan bisa terjadi pembatalan tiket itu bikin nangis darah. Karena untuk mengulang dari awal itu beban sekali dengan kondisi beberapa orang yang gak bisa ada kesempatan kedua. Lagi-lagi berharap, dikemudian hari kemudahan bisa diberikan untuk konsumen. Karena tiketnya yang super mahal. Urusan uang yang masuk ke KAI semoga menjadi berkah buat semuanya. Berusaha positive thinking aja. Karena perjalanan jauh tapi hati dongkol, biasanya akan mengakibatkan "Adaaaa Aja Masalah" moment. Jadi mending have a nice trip dengan hati yang ringan. Perjalanan jauh tapi kusut itu sumpah gak enak. Percayalah!
Okey, tiga bulan berlalu setelah perjuangan hunting tiket. Tibalah melakukan perjalanan. Lumayan lama gak ke Gambir. Karena lumayan sering pakenya jasa penerbangan. Gak mungkin pake kereta ke Bali, Makasar, atau Palembang. Masih mending liat awan tipis atau goyang-goyang dikit dilangit karena turbulensi. Ketimbang kelelep di laut jawa lalu dadah-dadah sama ubur-ubur.
One Word buat Gambir: Kece!
Selain penunjuk arah yang lengkap, ada juga mas-mas pake selendang kayak putri-putri gitu, bertuliskan: Information. Lumayan so helpful kalo ada bule-bule yang kebingungan. Meskipun ya jawabnya juga rada gelagepan. Tapi mending deh si Bule ngerti dalam bahasa sebisanya. Ketimbang mereka nulis soal fasilitas umum Indonesia dengan penilaian minus. O common! Bangsa kita gak serendah itu kaaaan?! Iya kaaaan??!!
Eniwei, sekarang diberlakukan boarding pass. Wohooo..cool!
Meskipun gue gak nemu esensinya apa selain buat masuk dan pemeriksaan sebelum masuk. Lalu tiket mesin cetak tiket mandiri (CTM) itu buat apa yah? Okeh, cetak tipe lama memang untuk cek didalam kereta lagi. Lalu buat apaa boarding pass Pak? Kan cek tiket dan ktp bisa pake yang dari mesin CTM.
Okey let me know ya, kalo ada yang bisa jelasin fungsi lain dari boarding pass.
Karena ada kemungkinan boarding pass dibawa-bawa, tiket yang dari CTM malah dibuang. Karena ngerasa udah ada cetak boarding pass buat all access. Let me know juga klo boarding pass bisa buat cek di dalam kereta.
Meskipun bahkan porter pun ikut bantuin ngarahin untuk tuker tiket ke boarding pass. Yeay, nambah tip lah buat para Porter. Me no problemo about that..at all
Keberangkatan super on time! Love it! Terimakasih KAI untuk bisa On Time! Tanda bangsa kita bisa makin maju *kedip2
Gue pake gerbong tiga seat nomer 9. Lumayan agak tengah. Jadi gak bising klo pintu dibuka tutup. Thank God, tombol pintu gak ada yang rusak. Paling enggak di gerbong gue, dan gerbong pas kepulangan ke Jakarta lagi. Nyaman dan bersih. Kurang tahu persis apakah gerbongnya termasuk baru atau hanya di furnished ulang. Tapi lumayan lebih nyaman ketimbang Argo Dwipangga. Semoga di semua gerbong eksekutif di semua kereta bisa sama. Satu SOP. Semoga!
Food? DCost ada loh. Okeh, lumayan ada alternatif lain yah. Gak nasi goreng atau nasi rames melulu. Well, gak bisa expect more sih. Nasinya dingin. Tapi masih bisa ketelen..hehhehe
Tapi kalo gak tahan makanan 'seadanya tapi mahal' ya monggo beli nasi duluan di resto yang ada sebelumnya.
Kamar mandi? So muuuuuch better. Gue sampe bisa pupup dengan tenang (thank God ada yang gedor juga gak denger- kebanting sama bisingnya mesin. Hahhaha). Air pun lancar jaya. Toilet adalah hal paling buruk di gerbong - beberapa tahun lalu. Selain anak kecoak yang wara-wiri in dehoy di dinding gerbong. Mudah2an kerennya gak cuma pas lebaran aja yah. Pleaseeee!!!
Flush pun berjalan dengan baik. Aiiih, bolak balik pupup juga gak masalah. Hehehe. Para mamah-mamah pasti tenang jiwanya.
Apalagi yaaa...
Selimut, clean as well. Bantal? selama gak ada iler, gak protes kenceng-kenceng lah gue.
Waktu kedatangan? Telat 20 menit. Masih bisa ditolerir. Mungkin urusan teknis kali ya. Tapi kalau boleh kasih masukan, mungkin penumpang boleh dikasih pengumuman kenapa kereta bisa berhenti lama di beberapa stasiun. Di Cirebon, Semarang dan Paron, lumayan lama. Bukannya kepo sih, hehehhe tapi paling enggak penumpang gak kayak dikasih PHP.
PHP itu beneran gak enak. Sakit hati inih! #pengalamanpribadi #duniaharustahu
So far, perjalanan mudik Jakarta - Madiun so lovable.
taaaapi..tidak dengan sebaliknya.
Semua aspek masih oke seperti keberangkatan. Taaaaaaapiii..Masinis KA.Bangunkarta 9 Juli 2016, Madiun-Jakarta buset deeeeh..dulu ada cita-cita jadi pembalap F1 atau gimana yah? Ngebut parah!!
Gue sampe ngeri sendiri. Takut miring atau kenapa-kenapa. I dont know why kenapa Pak Masinis macem kayak nguber kocokan arisan di Bogor. Kenceng bener.
Siapapun anda Pak Masinis, gue aja yang masih muda ikutan sport jantung. Apalagi penumpang yang sepuh. Please more put consideration ya Pak. Pleaseeeee...
Well, I definitely will use the train again. Bakalan pake lagi kereta jarak jauh buat mudik tahun lalu. Semoga ada perbaikan dibanyak aspek. Semoga tulisan ini bisa jadi masukan. Karena sejak kecil gue udah suka pake kereta api. Jadi memang banyak harapan untuk KAI kedepannya. Siapapun Menteri Perhubunganya. Siapapun Direkur Umumnya. Siapapun Direktur Operasionalnya.
Semoga KAI bisa jadi penghubung momen berharga setiap hati yang sempat berjauhan dengan terkasih.
---
Catatan Traveler Gambir-Madiun
Komentar
Posting Komentar